Rabu, 16 November 2016

Dasar-dasar Manajemen "Fungsi Manjamen"



Fungsi Manajemen

Menurut George  R. Terry, bahwa fungsi manajemen terdiri dari:

1.           PLANNING (PERENCANAAN)
2.           ORGANIZING (PENGORGANISASIAN)
3.           ACTUATING (PENGGERAKAN)
4.           CONTROLLING (PENGENDALIAN/PENGAWASAN)

H. FAYOL

LUTHER GULICK
KOONTZ O’DONNEL
MILLET
Planning
Organizing
Commanding
Coordinating

Controlling

Planning
Organizing
Staffing
Directing
Coordinating
Reporting
Budgeting
Planning
Organizing
Staffing
Directing
Controlling
Directing
Facilitating

JOHN F. MEE

S.P. SIAGIAN
L.F. URWICK
Planning
Organizing
Motivating
Controlling
Planning
Organizing
Motivating
Controlling
Evaluating
Forecasting
Planning
Organizing
Commanding
Coordinating
Controlling

Pada hakikatnya, bila pendapat di atas dikombinasikan, maka fungsi-fungsi manajemen adalah:
a.  Forecasting (meramalkan, memproyeksikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi)
b.  Planning termasuk budgeting (penentuan serangkaian tindakan yang berupa tujuan, kebijakan,
prosedur, budget, dan program dari suatu organisasi)
c.  Organizing (penetapan susunan organisasi, tugas & fungsi dari setiap unit, kedudukan dan sifat
hubungan antara masing-masing unit)
d.  Staffing (penyusunan personalia pada suatu organisasi mulai dari merekrut hingga
pengembangan tenaga kerja)
e.  Directing atau Commanding (usaha memberi bimbingan,saran, perintah atau instruksi kepada
bawahan agar tugas dilaksanakan dengan baik dan benar)
f.        Leading (pekerjaan yang dilakukan seorang manajer yang menyebabkan orang lain bertindak)
Pekerjaan leading meliputi:
-          mengambil keputusan
-          mengadakan komunikasi
-          memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan
-          memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya
-          memperbaiki pengetahuan dan sikap bawahan
g.      Coordinating (mengkoordinasi berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskanpekerjaan bawahan sehingga terjadi kerjasama yang searah)
h.      Motivating (pemberian inspirasi, semangat, dan dorongan kepada bawahan agar secara sukarela
Agar lebih bersemangat dalam bekerja)
i.        Controlling (mengadakan penilaian, koreksi agar yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar)

j.        Reporting (pelaporan atau penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan)

sumber : e-book Pak Irawan 
Share This :    Facebook Twitter Google+

0 komentar:

Posting Komentar